HAK PASIEN :

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan  peraturan yang berlaku di Puskesmas.
  2. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.
  3. Memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
  4. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan.
  5. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain (second opinion)yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar Puskesmas.
  6. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
  7. Memberikan persetujuan atau menolak atau tidak melanjutkan pengobatan atau tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.
  8. Memperoleh informasi mengenai penyakit atau kondisi medisnya, rencana layanan klinis yang akan diperolehnya, tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan.
  9. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama berada di lingkungan Puskesmas.
  10. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas pelayanan yang diterima.

     

KEWAJIBAN PASIEN :

  1. Memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.
  2. Mematuhi nasehat dan petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan.
  3. Mematuhi ketentuan yang berlaku di PuskesmaS Sinar Baru.
  4. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima