Jelang Hari Raya Idul Fitri Puskesmas Sinar Baru Masih Melayani Vaksinasi COVID 19

Vaksinasi Covid 19 memang sudah dimulai di Indonesia, namun baru beberapa kelompok rentan terlebih dahulu yang diutamakan untuk menerima vaksin Covid 19, salah satunya adalah lansia. Lansia memang memiliki risiko kematian akibat Covid 19 tertinggi dengan rasio fatalitas kasus sebesar empat kali lipat lebih tinggi. Sekitar 50 persen dari seluruh kematian akibat Covid 19 terjadi pada lansia. Padahal jumlah lansia hanya 12 persen dari total kasus Covid 19. Maka dari itu, percepatan vaksinasi Covid 19 pada lansia penting untuk dilakukan apalagi saat menjelang Idul Fitri.

12 Mei 2021, satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri Pelayanan Vaksinasi COVID 19 masih tetap dilaksanakan di Puskesmas Sinar Baru. Pelayanan vaksin yang diberikan yaitu vaksinasi dosis 2 untuk kelompok lansia. Dosis 1 sebelumnya sudah diberikan pada 14 April 2021. “Hari ini ada 70 orang yang divaksinasi” tutur koordinator vaksinasi COVID 19 Puskesmas Sinar Baru, Hj Rusmala AM.Keb

Terdapat beberapa faktor yag menyebabkan lambatnya vaksinasi Covid-19 pada lansia diantaranya :

  • Angka partisipasi vaksinasi lansia turun
  • Lansia yang takut dan khawatir akan keamaan vaksin
  • Lansia memiliki keterbatasan akses transportasi ke faskes atau sentra vaksinasi
  • Kemampuan lansia mengakses teknologi pendaftaran dan penjadwalan vaksinasi terbatas.

Lebih lanjut  Hj. Rusmala, AM.Keb menuturkan untuk mengantisipasi lambatnya pelaksanaan vaksinasi pada lansia, petugas mengupayakan beberapa cara antaralain menjemput langsung lansia di rumahnya menggunakan ambulans atau memaksimalkan penggunaan ojek lansia terutama pada lansia yang memiliki keterbatasan akses transportasi. Petugas promkes juga ikut serta tidak hentinya menyebarkan informasi melalui penyuluhan di berbagai kegiatan untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat untuk memperoleh vaksinasi Covid 19. Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Puskesmas Sinar Baru bisa diterima dan disambut baik oleh masyarakat.

 

Bagian Postingan Ini

Komenetar (0)

Tinggalkan komentar